Dua Festival Holi, Pesta Warna Warni di India

Setiap negara di dunia ini pasti memiliki sebuah festival yang diselenggarakan berdasarkan pada kehidupan sosial masyarakat serta adat dan budaya yang mengakar pada negara tersebut. Hal ini tentu saja membuat festival setiap negara memiliki ciri tersendiri karena budaya merupakan identitas suatu bangsa yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Festival-festival tersebut, biasanya diselenggarakan untuk memperingati suatu momen istimewa seperti hari besar adat atau keagamaan, hasil panen, dan lain sebagainya. 


Festival Holi India Tiket Pesawat Emirates

Berbicara soal festival unik, tidak berlebihan mungkin jika menyebut India yang biasa juga disebut sebagai Land of Festival sebagai gudangnya. Sebelum menuju India dengan booking tiket pesawat Emirates, mari mengenal lebih jauh soal festival yang ada di negeri Shahrukh Khan ini. Negara dengan jumlah penduduk terbesar kedua di dunia itu memiliki banyak sekali festival mulai dari festival keagamaan sakral yang dimaksudkan untuk memuja dewa-dewa hingga festival menyenangkan yang ditujukan untuk hiburan. Dua dari sekian banyak festival dengan tujuan untuk menghibur adalah Festival Holi dan Festival Holi Lath Mar.

Nah, bagi kalian yang suka menonton serial Bollywood pasti tidak asing dengan kedua festival tersebut. Ya, kedua nama festival itu terdengar sangat mirip namun kenyataannya berbeda, loh. Meskipun media yang digunakan dalam festival ini relatif sama yaitu serbuk warna-warni, namun ada perbedaan dalam sejarah dan pelaksanaannya.

Festival Holi yang terkenal dengan sebutan Festival of Color atau Festival of Love merupakan festival ajang bertemunya masyarakat India untuk memeringati datangnya musim semi. Festival ini dirayakan pada tempat-tempat tertentu yang berhubungan dengan Sri Kreshna seperti di kota Mathura, Vrindavan, Barsana, dan lainnya. Festival ini dirayakan dengan cara saling lempar serbuk, cat, tinta, ataupun air warna-warni kepada peserta festival yang memakai baju serba putih-putih.

Setiap warna serbuk yang dilemparkan ini memiliki beragam arti yang berhubungan dengan unsur adat keagamaan, budaya, dan mitologi yang dipercaya di India. Sebagai contoh, warna merah merupakan simbol kehidupan, perayaan, dan berkah pernikahan, warna hijau menyimbolkan keseimbangan alam, kesuburan, dan kemakmuran, warna kuning simbol kemakmuran dan rejeki, sedangkan warna biru adalah warna kulit Dewa Krishna yang melambangkan perdamaian dan cinta.

Festival yang dilakukan setiap akhir Februari atau awal Maret ini berlangsung selama 3 hingga 12 hari itu banyak menarik wisatawan asing untuk bergabung karena tidak hanya dinikmati umat Hindu India saja, festival ini menjadi perayaan universal yang menyenangkan bagi siapapun. Pengunjung yang berminat datang tentunya sangat disarankan untuk stay di tempat-tempat yang sudah pasti merayakan festival ini. kamu bisa juga memanfaatkan promo hotel terbaru di www.reservasi.com untuk menginap dimanapun.

Uniknya lagi, di beberapa kota di India seperti Vrindavan, Festival Holi dirayakan tidak hanya dengan serbuk warna-warni namun juga menggunakan taburan bunga warna-warni. Sudah bisa membayangkan serunya festival ini? Segera pesat tiket pesawat Emirates tujuan India untuk

Festival Holi yang kedua adalah Festival Holi Lathmar. Sebenarnya, media dan tata cara yang dilakukan dalam festival lempar serbuk warna ini tidak jauh berbeda dengan festival Holi. Hal yang membuat berbeda adalah jika pada festival Holi peserta saling lempar serbuk warna saja, pada festival Holi Lathmar peserta wanita diperbolehkan melemparkan serbuk warna-warni dan memukul para pria menggunakan suatu tongkat. Namun, hal itu tidak berlaku sebaliknya untuk peserta pria. Unik bukan?

Bagi peserta pria, jangan khawatir akan kesakitan jika mengikuti festival ini, karena tongkat yang digunakan para wanita untuk memukul itu tidak akan menyakitkan. Tongkat ini disebut Lathis, dimana para wanita akan menari dan menyanyi sambil mengejar para pria dan berpura-pura memukul mereka.
        
Festival Holi Lathmar ini berdasarkan cerita rakyat India dimana pada masa lampau Dewa Krishna yang berasal dari desa Nandgaon datang untuk mengunjungi kota tempat tinggal Radha di Barsana. Saat berkunjung itu, Dewa Khrisna menggoda Radha dan teman-temannya dengan melemparkan serbuk warna-warni padahal hal itu sebagai tanda cinta. Malangnya, Radha dan teman-temannya yang tersinggung justru berusaha memukul Khrisna dengan sebuah tongkat.

Berdasarkan legenda inilah, para pria dari Nandgoan berkunjung ke Kota Barsana dimana di kota tersebut telah siap wanita-wanita dengan tongkat untuk menyambut mereka. Biasanya, festival Holi Lathmar berlangsung di Kampus Radha Rani dimana terdapat satu-satunya kuil yang dipersembahkan bagi Radha.

Berminat datang ke negara dengan icon Taj Mahal ini? Jika kamu tertarik dengan dua pesta yang dimeriahkan dengan serbuk warna-warni ini bisa langsung pesan tiket pesawat Emirates dengan tujuan India. Tak sekedar wisata tempat-tempat terkenal, India juga banyak menyimpan banyak kebudayaan yang khas. Tak cukup hanya satu hari, setidaknya kamu perlu waktu paling tidak 3-7 hari untuk mengenal lebih soal negeri Hindustan ini. Kesulitan mencari hotel yang murah? Urusan hotel memang bukan perkara mudah tapi selalu ada jalan untuk setiap masalah, kamu bisa cek Reservasi.com untuk promo hotel terbaru dari Reservasi.com dengan tujuan wisata dimana saja. 

Posting Komentar

0 Komentar