Mau Nyoba Print Kaos? Kenali Dulu Jenisnya!

Desain dan teknik sablon yang beragam menjadi salah satu pemicu suksesnya usaha jasa print kaos di kalangan para pelaku usaha distro atau clothing line. Di antaranya teknik sablon kaos manual, sablon kaos DTG atau Direct to Garment dan teknik cutting. Semuanya memiliki keistimewaan dan kekurangan tersendiri. Nah, sebelum kamu memutuskan untuk menyablon kaos, ada baiknya kenali dan pahami tekniknya dulu, ya! 

Print Kaos

Sablon Kaos Manual

Teknik ini menggunakan peralatan yang lebih mengandalkan keahlian dari orang yang mengoperasikannya. Seperti screen, rakel dan lainnya. Jika menggunakan teknik ini untuk sablon, biasanya para pelaku usaha cetak atau print kaos akan menetapkan minimum jumlah pemesanan untuk menekan biaya produksi dan sulitnya proses pembuatan. 

Sablon jenis manual dilakukan dengan cara mencetak cat atau pasta warna di dalam screen yang di bawahnya telah diletakkan media, seperti kaos atau kain. Cara ini lebih banyak dipilih karena variasi tinta manual yang lebih banyak, bahkan desainnya pun jadi lebih ekslusif. Namun tentunya, akan ada harga yang lebih mahal jika ingin desain dicetak dalam edisi terbatas. Karena selain menggunakan tinta yang lebih banyak dan tingkat kerumitan yang tinggi, sablon atau print kaos manual juga memerlukan waktu pengerjaan yang lebih lama.

Sablon Kaos DTG

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa teknik ini dilakukan dengan langsung membaurkan tinta ke media pencetakan. Mesin yang digunakan untuk print kaos DTG adalah mesin berteknologi terbaru yang menggabungkan Head Printer Tipe Piezo dengan tinta yang khusus ditujukan untuk tekstil. 

Printer DTG bekerja dengan mencetak gambar atau tulisan apapun, langsung ke media bahannya. Prosesnya kurang lebih sama seperti ketika kita mencetak kertas dari printer ink jet yang biasa digunakan di perkantoran.

Sablon Kaos Cutting

Teknik yang terakhir ini juga tidak kalah populer dengan dua teknik lainnya. Sablon dengan cara cutting ini memotong bahan polyflex atau polyflock dengan bantuan mesin cutting stiker, mesin press kaos dan komputer tanpa harus menggunakan printer, namun filenya harus berbentuk vektor atau outline saja. 

Pengerjaannya biasanya juga tidak ada minimum order, kendati biasanya yang sering menggunakan teknik ini adalah pelanggan yang ingin mencetak seragam. Seperti kaos bola atau untuk acara tertentu. Meskipun beragam dan lebih variatif karena menggunakan komputer dalam desain gambar atau tulisannya, teknik ini juga mengedepankan ketelitian pembuatnya dalam memasang atau mengepaskan posisi stiker, agar benar-benar presisi dan tidak mudah lepas meskipun kaos yang diprint mengalami pencucian berkali-kali.

Kualitas dari sablon kaos cutting juga terletak pada seberapa lama waktu yang diperlukan oleh si pembuat. Mesin press yang digunakan untuk menempelkan tidak boleh terlalu cepat diangkat, begitu juga sebaliknya tidak boleh terlalu lama diangkat karena akan merusak bahan kaosnya.

Bagaimana? Sudah tidak bingung lagi memilih sablon mana buat dipakai, kan?

Posting Komentar

0 Komentar