Ini Perbedaan Oli Motor Matic dan Manual

Oli Untuk Motor Matic

Motor matik dan motor manual memiliki sistem transmisi yang berbeda, sehingga pelumas yang dibutuhkan juga berbeda. Penggunaan pelumas yang tidak sesuai akan berakibat fatal pada mesin. Berikut ini adalah perbedaan oli untuk motor matic dan motor manual yang perlu Anda ketahui agar tak salah pilih.

Mengapa Oli Matik dan Manual Berbeda?
Alasan utama yang membuat motor matik dan motor manual membutuhkan pelumas yang berbeda adalah karena komponen dan sistem kerja mesinnya berbeda. Meskipun bisa dibilang perbedaanya tidak terlalu signifikan, tapi tetap saja membutuhkan perlakuan yang berbeda. Lebih jelasnya simak langsung di bawah ini.

Pertama, mesin motor matik memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dan tingkat perputaran mesin juga tinggi, akibatnya mesin akan lebih cepat panas dibandingkan motor manual. Kedua, sistem kopling yang digunakan motor matik adalah kopling kering, yang jelas sangat berbeda dengan motor manual yang mengadopsi sistem kopling basah.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, motor matik juga memiliki tingkat perputaran yang tinggi sehingga menimbulkan panas. Oleh sebab itu pelumas yang digunakan juga harus lebih tahan terhadap penguapan agar kondisi mesin tetap terjaga.

Perbedaan Oli Motor Matik dan Motor Manual
Perbedaan Oli motor secara umum bisa Anda lihat berdasarkan kode Japanese Automotive Standar Association (JASO) yang tertera pada kemasan oli. Pelumas untuk motor matik biasanya ditandai dengan kode JASO MB, kode tersebut menunjukan bahwa oli tersebut mengandung molybdenium atau zat aditif ‘Ftiction modifier’ yang dikhususkan untuk pelumas motor matik.

Oli untuk motor manual ditandai dengan kode JASO MA, yang menandakan adanya kandungan aditif senyawa dengan kampas kopling. Hal ini dimaksudkan untuk membuat kopling pada motor manual tidak mudah selip, serta untuk meminimalisir daya gesekan pada kopling.

Jadi, berdasarkan pembahasan di atas, sebaiknya pilihlah oli untuk motor matic dan motor manual sesuai kebutuhannya. Masalah merek kami merekomendasikan oli Idemitsu yang sudah jelas kualitasnya serta memiliki banyak pilihan.

Posting Komentar

0 Komentar