Travelling ke Solo via Jogja

Wisata Jogja

Jogja memang menjadi kota yang wajib dikunjungi di Indonesia selain Bali. Bali menawarkan kultur, tradisi, dan pemandangan alam yang luar biasa sehingga disebut sebagai Paradise Island. Di sisi lain, Jogja menawarkan keragaman budaya Jawa, wisata kuliner, dan mengitari kota saat malam. Nuansa yang lebih sepi jika dibandingkan dengan Bali. Namun, Anda mungkin merasa jenuh dengan pengalaman berlibur di Jogja yang kerap Anda kunjungi. Bukan berarti Jogja berubah menjadi membosankan, Anda hanya butuh nuansa liburan yang baru. Untuk itu, Anda dapat berkunjung ke Solo via Jogja. Liburan Anda akan lebih berwarna mengunjungi dua kota sekaligus; Jogja yang sarat akan kenangan, dan Solo, The Spirit of Java.

Tiket Kereta Jogja-Solo

Menuju kota Solo dari Jogja, paling nyaman menggunakan kereta. Selain jarak tempuhnya sebentar, Anda juga tidak perlu khawatir terjebak macet jika menggunakan bus atau mobil. Menggunakan kereta, Anda hanya perlu menempuh perjalanan selama satu jam untuk sampai di Stasiun Balapan Solo. Waktu yang sangat sebentar ini dikarenakan memang jarak kota Jogja dan Solo yang cukup dekat. Oleh karena itu, menggunakan kereta untuk pergi ke Solo dari Jogja merupakan pilihan yang tepat. 

Berkelana dari Jogja ke Solo menggunakan kereta, ada banyak pilihan tiket yang dapat Anda beli. Jika Anda sudah pernah pergi ke Solo lewat Jogja, atau sering mendengar teman-teman dari teman-teman Anda yang tinggal di Jogja, Prameks (Prambanan Ekspress) menjadi pilihan pertama. Hal tersebut dikarenakan harganya yang sangat murah, hanya 8 ribu rupiah. Namun tiket yang dibeli tidak menyediakan tempat duduk, artinya ada kemungkinan Anda akan berdiri jika kehabisan tempat duduk. Jika Anda ingin berangkat pada sore hari atau akhir pekan, sangat besar kemungkinan Anda tidak akan mendapat tempat duduk dan juga kehabisan tiket. Prameks menjadi pilihan utama bagi warga lokal, pelajar, serta mahasiswa. 

Terdapat juga kereta kelas bisnis dan eksekutif bagi Anda yang sekali-kali ingin merasakan kenyamanan ekstra dalam menggunakan kereta api. Kereta yang biasa digunakan adalah Solo Ekspres dan Joglosemar Kerto. Harga tiketnya berkisar antara 40-100 ribu. Jika masih belum memuaskan Anda, terdapat pilihan lain seperti Senja Utama Solo (hanya kurang lebih 35 menit perjalanan) dan Argo Lawu. 

Solo: The Spirit of Java

Sebelum pergi ke Solo, ada baiknya Anda memutuskan destinasi agar tidak kebingungan dan menghabiskan banyak waktu untuk mencari tempat wisata ketika sudah sampai di Solo. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Solo.

1. Keraton Kasunanan Surakarta
Seperti halnya Jogja, Solo juga mempunyai keratonnya sendiri. Hingga saat ini, keraton ini masih menjadi tempat tinggal Raja dan masih menjalankan tradisi-tradisinya. Jika ingin mengunjungi keraton, terdapat beberapa aturan yang harus dipatuhi seperti tidak boleh mengenakan celana pendek, sendal jepit, maupun jaket. 

2. Alun-Alun Selatan
Sering disebut alun-alun kidul (alkid) oleh warga Solo. Seusai mengunjungi keraton, Anda dapat mampir ke alun-alun kidul untuk sekedar beristirahat sambil menikmati makanan ringan. Alun-alun kidul Solo tampaknya sedikit lebih besar dan memiliki makanan yang lebih beragam jika dibandingkan dengan alun-alun kidul Jogja. Di sini Anda dapat mencicipi bakso goreng telur dan bakso bakar, jajanan khas alun-alun kidul Solo. 

3. Museum Batik
Di museum ini Anda akan menemukan berbagai koleksi batik dengan berbagai corak dari seluruh penjuru Nusantara. Baik dari batik klasik, hingga batik kontemporer. Di samping itu, Anda juga dapat melihat langsung bagaimana proses membatik. 

4. Ngarsopuro Night Market
Jika Jogja memiliki Malioboro, Solo memiliki Ngarsopuro. Namun, berbeda dari Malioboro yang selalu ramai setiap hari, Ngarsopuro hanya buka pada hari Sabtu mulai pukul 16.00 sampai 23.00. Di sini Anda dapat berbelanja barang-barang unik dan khas, sekaligus wisata kuliner khas Solo. Wisata malam ini disebut-sebut mirip dengan Orchard Road di Singapura.

Yang disebutkan di atas hanyalah beberapa rekomendasi objek wisata di Solo yang patut Anda kunjungi. Jangan lupa juga untuk mencicipi Serabi, Nasi Liwet, serta Gudeg Ceker ketika berkunjung ke Solo.

Posting Komentar

0 Komentar