Menata Toko Kelontong Agar Lebih Menarik Pengunjung

Toko Kelontong Terdekat

Sekarang  ini orang lebih memilih berbelanja ke minimarket modern ketimbang harus pergi ke toko kelontong terdekat rumah. Salah satu alasannya adalah kenyamanan dan kebersihan minimarket yang dirasa lebih dari pada hanya sebatas toko kelontong. Padahal toko kelontong bisa dibilang penyangga ekonomi beberapa orang.

Salah satu cara untuk membuat masyarakat untuk kembali berbelanja di toko kelontong memerhatikan penataan toko. Namun sayangnya masih banyak pemilik toko kelontong yang mengabaikannya. Itulah sebabnya, masalah ini akan menjadi perhatian utama SRC ketika ada mitranya yang mengalami penurunan omset terus menerus. Sebab penataan toko yang kurang baik tidak hanya membuat konsumen tidak nyaman, tetapi juga penjual akan mengalami kesulitan mencari barang yang dibutuhkan. Akibatnya banyak produk yang baru ditemukan setelah melewati tanggal kadaluwarsa dan menjadi dead stock.

Untuk mengatasinya, pihak SRC akan memberikan berbagai informasi mengenai penataan toko yang baik, seperti:

·         Penyusunan barang jualan
Menata toko kelontong butuh kesabaran, susunlah barang sesuai dengan kategorinya masing-masing. Misalnya yang berhubungan dengan toiletries seperti sabun, shampo, pasta gigi, dan lain sebagainya, susun semuanya dalam rak yang sama dengan sekat pemisah. Dengan menyusun barang dagangan sesuai dengan kategori tertentu, maka Anda maupun pelanggan akan lebih mudah menemukan dan menjangkaunya. Selain itu, dengan menata rapih barang dagangan maka secara visual warung kecil Anda akan lebih enak dipandang.

Memang ini tidak mudah, tapi Anda harus berusaha untuk berkreasi dalam mendekor ruangan. Toko kelontong selalu berisi berbagai kebutuhan pokok manusia dan tak jarang membuat ruangan warung terlihat berantakan.

Anda juga bisa menaruh produk yang menarik perhatian pembeli di bagian  paling depan warung anda atau yang mudah dilihat calon pembeli yang sedang lewat. Misalnya dengan menaruh produk yang unik atau menaruh produk yang paling banyak dicari pembeli di daerah tersebut.

·         Pemilihan Warna Dinding
Cara menata toko kelontong yang bisa kita lakukan selanjutnya adalah dengan memaksimalkan bagian dinding. Anda bisa memberikan warna menarik pada dinding toko, bisa dengan cat ataupun wallpaper. Ruangan bisa terlihat lebih lega bila diberi warna dan tata ruang yang tepat. Memberikan warna cerah pada dinding warung kecil akan membuat suasana dalam ruangan tersebut menjadi lebih unik. Untuk pilihan warna dinding warung lainnya, Anda juga bisa menggunakan warna putih, kuning, biru muda, atau kombinasi dengan warna lain.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menata ruang toko kelontong, agar bisa terlihat rapi dan bersih sehingga para pengunjung enak dan ingin berbelanja di toko kelontong anda.

Posting Komentar

0 Komentar