Mengenal Gangguan Bipolar, Gangguan Psikis yang Bisa Disembukan Dengan Rehabilitasi

Bipolar

Gangguan mental merupakan salah satu masalah psikis yang perlu diwaspadai. Jenis-jenis gangguan mental sangat beragam, salah satunya adalah gangguan bipolar atau biasa disebut manic depressive. Penyakit ini ditandai dengan perubahan suasana hati yang berlawanan secara mendadak. 

Penyembuhan terhadap penyakit ini bisa dilakukan dengan rehabilitasi mental. Agar Lebih memahami mengenai gangguan mental bipolar, yuk simak ulasan di bawah ini yang kami sari dari blog http://gumilar.net/

Mengenal Manic Depressive Sebagai Penyakit Mental

1. Ciri-Ciri Penderita Gangguan Mental Manic Depressive
Gangguan mental bipolar biasanya memiliki suasana hati yang mudah berubah antara kebahagiaan dan kesedihan yang berlebihan tanpa waktu yang pasti. Bahkan terkadang mereka juga menunjukkan ekspresi histeris yang tiba-tiba. 

Dalam gangguan mental ini terdapat dua fase yang umumnya dialami penderitanya, yaitu fase maniak dan fase depresi. Ketika periode mania, penderita akan merasa dalam keadaan bahagia sedangkan pada kondisi depresi ia akan sedih.

Namun terdapat perbedaan fase pada setiap orang yang mengidap gangguan ini. Beberapa orang mengalami kondisi normal setelah mengalami mania menuju ke depresi. Namun, sebagian yang lain bisa saja mengalami perubahan fase dari maniak ke depresi tanpa jeda waktu. Selain itu, ada juga penderita gangguan bipolar yang mengalami dua fase tersebut secara bersamaan. fase ini biasa disebut dengan periode campuran.

2. Penyebab Penderita Mengalami Gangguan Manic Depressive
Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan mental bipolar mulai dari genetik , struktur otak hingga lingkungan. Seseorang akan lebih rentan terhadap gangguan mental ini, jika memiliki riwayat keluarga yang menderita manic depressive. Selain itu,  ketidakseimbangan neuotranssmitter juga bisa menyebabkan seseorang terkena gangguan mental bipolar.

Faktor lingkungan bisa berasal dari perselisihan dengan orang lain maupun kehilangan orang tercinta yang akhirnya bisa menyebabkan seseorang terkena stress. Ketika pemeriksaan mengenai diagnosa penyakit ini, biasanya psikiater akan menanyakan beberapa hal terkait munculnya gejala gangguan mental. Mulai dari waktu kemunculan gejala hingga riwayat keluarga penderita untuk memastikan faktor penyebab gangguan bipolar.

3. Pengobatan untuk Penderita Gangguan Manic Depressive
Ada banyak cara yang dilakukan untuk menyembuhkan gejala gangguan ini, mulai dari pemberian obat-obatan medis hingga melakukan terapi. Sayangnya dalampemberian obat-obatan ini bisa menyebabkan seseorang mengalami kondisimaniak. Hal ini disebabkan setelah meminum obat, penderita akan merasa bahwa dia sudah bisa mengontrol suasana hati. Dan terkadang juga mereka kurang bisa melihat keadaan secara tepat seperti tiba-tiba ingin bunuh diri.

Maka dari itu perlu adanya pemberian edukasi agar penderita ini memahami penyakitnya.Dengan adanya pemberian edukasi ini, orang yang mengalami gejala bipolar akan memiliki keinginan untuk berubah. Apalagi setelah melakukan beberapa perawatan, mereka merasakan kemudahan dan menjalani hidupnya bagi penderita gangguan bipolar.

4. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Merawat Penderita Bipolar
Dalam merawat orang yangmenderita penyakit bipolar, anda harus memperhatikan beberapa hal yang bisa menyebabkan gejalanya kambuh. Kebanyakan hal ini berhubungan dengan konsumsi makanan. Seperti misalnya konsumsi kopi yang bisa menyebabkan penderita mengalami kesulitan tidur dan kondisi stressnya bisa meningkat. 

Selain kopi, jangan biarkan penderita mengkonsumsi alkohol maupun ganja. Meskipun alkohol seakan dapat membuat tidur lebih pulas dan lama, sayangnya penggunaan ini justru bisa meningkatkan depresi serta kecanduan yang dapat memicu gangguan mental. Ganja bisa menyebabkan seseorang mengalami halusinasi dan paranoid sehingga gejala bipolar kambuh.

5. Perawatan Bagi Penderita Bipolar
Dari sisi penderita gangguan, mereka juga bisa memberikan penanganan terhadap dirinya agar tidak semakin parah. Langkah pertama untuk mengatasinya yaitu dengan menambahkan pengetahuan mengenai gangguan mental bipolar. Hal ini bisa memberikan motivasi untuk melakukan penyembuhan. Selain itu, mengurangi stres juga bisa mencegah datangnya gejala penyakit bipolar. 

Dari sisi lingkungan penderita gangguan ini juga perlu mencari lingkungan yang bisa mendukungnya untuk melakukan penyembuhan. Sebagaimaan di tempat rehabilitasi mental yang dihuni oleh penderita yang sama, mereka bisa saling memahami mengenai kondisi yang dialami serta memberikan dukungan untuk sembuh. Di tempat rehabilitasi juga diberlakukan program-program untuk menyembuhkan gangguan bipolar.

Kondisi seseorang yang mengalami penyakit bipolar memang cukup serius, apalagi jika perubahan fase maniak ke depresi terjadi secara langsung. Penyebab dari gangguan ini bermacam-macam mulai dari genetik, ketidakseimbangan senyawa kimia di dalam otak, hingga faktor lingkungan. Pengobatan yang cukup efektif untuk penyembuhan gangguan ini adalah rehabilitasi mental. 

Posting Komentar

0 Komentar