Tanya Jawab Dokter Kelamin Mengenai Penyakit Menular

Dokter Kelamin


Dokter spesialis mempunyai banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan medis Anda. Salah satu dokter spesialis yang bisa menjawab pertanyaan dan bisa digunakan sebagai tempat untuk konsultasi masalah penyakit seksual menular adalah dokter kulit dan kelamin. Dokter kulit dan kelamin atau SpKK merupakan dokter yang mempunyai kemampuan untuk dapat menangani masalah kesehatan kulit dan juga kelamin. Tanya jawab dokter kelamin dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kulit dan kelamin pada wanita dan pria. Sehingga ketika Anda mengalami masalah kesehatan mengenai kulit dan kelamin bisa untuk langsung ke dokter spesialis ini, karena dokter umum tidak bisa untuk menangani masalah yang menjadi urusan dokter kulit dan kelamin.

Dokter kulit dan kelamin akan mempunyai tugas untuk dapat melakukan diagnosa penyakit dan juga pengobatan yang dapat dilakukan dengan pemberian obat-obatan yang dibutuhkan pasien. Hal tersebut juga dapat dilakukan untuk dokter kelamin yang umumnya menjadi tempat untuk konsultasi penyakit kelamin seperti penanganan untuk penyakit menular seksual atau PMS. Ketika malu untuk langsung berkunjung ke dokter, Anda bisa untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu secara online seperti di aplikasi Halodoc. Sehingga dengan begitu privasi Anda tetap terjamin dan Anda tidak perlu untuk berkunjung ke dokter kelamin. Tetapi untuk diagnosa yang lebih lanjut memang akan lebih baik untuk berkunjung langsung ke dokter kulit dan kelamin di rumah sakit. Adapun untuk beberapa penyakit kelamin yang dapat ditangani oleh dokter kelamin adalah:

1. Penyakit sifilis
Penyakit seksual menular pertama yang bisa ditangani oleh dokter kelamin adalah sifilis. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri treponema pallidum. Penyakit ini bisa terjadi pada penderita karena aktivitas seksual yang tidak aman seperti melakukan seks oral dan juga anal. Sehingga bagi Anda yang mempunyai tanda penyakit sifilis maka bisa langsung untuk memeriksakan diri ke dokter kulit dan kelamin.

2. Penyakit gonore
Penyakit menular selanjutnya yang disebabkan oleh kegiatan seksual yang tidak aman adalah gonore. Penyakit ini merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan bakteri neisseria gonorrhoeae. Penyakit ini juga seperti pada penyakit sifilis yang disebabkan oleh aktivitas seksual oral dan juga anak yang tidak menggunakan pengaman. Sehingga bagi Anda yang melakukan aktivitas seksual tersebut dan mempunyai tanda dengan timbulnya keluhan seperti keluarnya cairan dan juga rasa nyeri pada bagian kelamin maka sebaiknya segera periksa ke dokter.

3. Chlamydia
Penyakit selanjutnya yang ditangani oleh dokter kelamin adalah Chlamydia. Penyakit ini juga merupakan sakit yang disebabkan oleh aktivitas seksual yang tidak aman. Oleh karena itulah untuk dapat menghindari penyakit menular ini dapat untuk menggunakan kondom ketika berhubungan seksual agar menjadi lebih aman. Penyakit seksual menular ini sendiri disebabkan oleh infeksi Chlamydia trachomatis yang akan menimbulkan beberapa tanda yang bisa dikenali dan bisa langsung untuk di periksakan ke dokter kulit dan kelamin untuk pengobatannya.

4. HPV
Penyakit menular terakhir yang bisa ditangani oleh tanya jawab dokter kelamin adalah HPV atau Human Papilomavirus. Penyakit ini juga disebabkan oleh virus karena berhubungan seksual yang tidak aman sehingga menyebabkan infeksi virus yang dapat menular dengan kontak seksual secara langsung. Tidak hanya mempengaruhi pada bagian kelamin, penyakit HPV ini juga sangat mempengaruhi kesehatan pada bagian tubuh lainnya yaitu pada mulut dan tenggorokan karena penyebab utama dari HPV adalah kontak seksual melalui oral seks.

Posting Komentar

0 Komentar