Perlindungan Apa Saja yang Diberikan Asuransi Mobil All Risk? Ini Penjelasannya

Asuransi Mobil All Risk

Kenali Lebih Dulu Asuransi Mobil All Risk
Di zaman modern seperti sekarang ini, mendapatkan kendaraan beroda empat sangatlah mudah. Tidak sedikit pula kaum millennial bisa membeli mobil. Bahkan pekerja berpenghasilan menengah ke bawah pun dapat mempunyai mobil. Hal tersebut akibat adanya stigma yang muncul dari masyarakat, yang mana memiliki mobil maka dianggap mampu dan seakan menjadi barang wajib bagi setiap orang meskipun hanya sekadar untuk adu gengsi sesaat. Namun, terlepas dari itu semua, ada baiknya bila ketika membeli mobil, Anda juga memikirkan adanya asuransi yang perlu diberikan untuk jaminan perlindungan. Salah satunya adalah asuransi mobil all risk yang memberikan jaminan perlindungan akan semua risiko kerusakan kendaraan baik ringan, sedang, maupun berat. 

Apa Saja yang Ditanggung Asuransi Mobil All Risk?
Namun, apakah semua pemilik kendaraan roda empat mempunyai pemahaman tentang asuransi mobil all risk? Nyatanya, tidak semua orang paham. Bahkan, mungkin ada yang tidak tahu sama sekali. Penting membeli mobil, lepas itu tidak lagi memikirkan masalah asuransi. Jika ada kerusakan selalu dianggap risiko. Bila kehilangan, dianggap tidak lagi rezekinya untuk memiliki mobil. Pemikiran lama sebenarnya, tetapi itulah yang terjadi di masyarakat. Untuk itulah, sangat penting bagi Anda memahami dengan baik mengenai mobil dan asuransi yang menyertainya. Selain itu, Anda pun perlu paham jika kata asuransi mobil all risk bukan berarti semua kerusakan akan ditanggung oleh asuransi. Akan ada beberapa pengecualian, batasan, syarat serta ketentuan yang berlaku yang tertera dalam pasal perjanjian. Biasanya Anda harus mencari tahunya melalui customer service secara langsung. 

Jadi kira-kira apa saja sih yang akan ditanggung oleh asuransi mobil all risk? Secara garis besar, jaminan perlindungan diberikan kepada semua bentuk kerugian yang dialami pemilik asuransi selama mobil digunakan dan terjadi hal-hal berikut: 

- Kecelakaan yang meliputi kejadian tertabrak dan menabrak, terbalik, atau bahkan terbakar, 
- Mengalami kehilangan akibat pencurian, 
- Dirusak oleh pihak tidak bertanggung jawab, 
- Serta risiko lainnya yang sering terjadi ketika berkendara di jalan raya.

Selain kejadian-kejadian tersebut, bila Anda mengalami jaminan tambahan seperti berikut, maka ditambahkan biaya lagi di luar dari asuransi mobil all risk yang utama. Kejadian yang termasuk jaminan tambahan yaitu:

- Tuntutan dari pihak Ketiga 
- Bencana alam seperti banjir, gempa bumi 
- Kerusuhan dan huru-hara 
- Kecelakaan diri/penumpang

Perluasan jaminan tersebut, akan mempengaruhi besarnya premi yang harus dibayarkan setiap tahun. Maka berhati-hatilah ketika mempunyai polis asuransi mobil all risk yang memberikan nilai premi lebih besar dari yang lain padahal namanya sama-sama asuransi mobil all risk. Bila terjadi hal tersebut, segera konfirmasi karena bisa jadi pembengkakan biaya akibat adanya perluasan jaminan tambahan tersebut. 

Selain mengetahui apa saja yang masuk dalam jaminan perlindungan dan tidak, Anda pun perlu mengetahui apa saja fasilitas tambahan yang akan mereka berikan. Contohnya saja mobil derek ketika mobil mogok di tengah jalan, kemudahan dalam proses pengklaiman, serta adanya mobil pengganti ketika mobil mengalami rusak total. 

Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil All Risk
Usai memahami apa saja yang ditanggung oleh asuransi mobil all risk, saatnya Anda mengetahui cara untuk mengajukan klaim asuransi mobil all risk yang tepat. Di antaranya: 

1. Ketika Anda mengalami risiko kerugian, maka segera hubungi pihak penyedia asuransi mobil all risk. Paling lama adalah 5 x 24 jam. 
2. Kemudian, atur waktu dengan pihak penyedia asuransi mobil all risk untuk melakukan pengecekan mobil. Tujuannya untuk mengetahui jenis kerusakan dan mana saja yang bisa diajukan untuk klaim asuransi mobil all risk. 
3. Usai mengecek, Anda pun harus memastikan mendapatkan informasi tentang besarnya Nilai Risiko (Own Risk / OR) yang harus Anda tanggung. 
4. Selanjutnya, menentukan bengkel yang akan menangani kerusakan tersebut. Pastikan juga Anda mendapatkan informasi estimasi lama perbaikan. 
5. Sebisa mungkin Anda melakukan pengecekan secara berkala ke bengkel rekanan agar dapat mengetahui prosesnya dan jika ada kendala dapat segera ditindaklanjuti dengan pihak penyedia asuransi mobil all risk.
6. Begitu selesai diperbaiki, langsung ambil dan lakukanlah pengecekan dari hasil perbaikan. Pada poin ini, Anda pun harus mempersiapkan dana untuk keperluan Nilai Risiko yang harus ditanggung. 
7. Terakhir, pastikan juga adanya garansi yang diberikan pihak bengkel dari hasil perbaikannya.

Sekarang mungkin Anda sudah sedikit memahami tentang asuransi mobil all risk, apa saja yang ditanggung serta langkah-langkah dalam melakukan klaim. Namun, terlepas dari hal-hal yang dijabarkan sebelumnya, paling penting dalam asuransi mobil all risk adalah menentukan penyedia asuransi mobil all risk mana yang terbaik dan memberi manfaat sesuai yang diinginkan. 

Agar lebih mudah dalam menentukan asuransi mobil all risk mana yang terbaik, Anda dapat mengunjungi situs resmi Cekaja.com melalui link https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan/. Melalui Cekaja.com, Anda akan mendapatkan informasi mutakhir mengenai asuransi kendaraan. Tidak hanya asuransi mobil all risk, tetapi juga jenis informasi lainnya. Anda pun dapat melakukan perbandingan secara langsung untuk mengetahui mana penyedia jasa asuransi mobil all risk yang terbaik serta melakukan simulasi perhitungan premi asuransi mobil all risk.  

Cekaja.com merupakan salah satu platform toko online finansial yang membantu Anda mendapatkan produk finansial terbaik sesuai kebutuhan Anda. Melalui Cekaja.com, Anda bisa menyiapkan proteksi finansial yang tepat untuk aset-aset Anda baik yang bergerak maupun tidak. 

Jadi, masih ingin yang lain? Dengan Cekaja.com, Anda hanya perlu mengunjungi situsnya, kemudian semua informasi dapat dengan mudah didapatkan. Satu platform, semua informasi tersaji. Perbandingan, simulasi, harga, bahkan juga reputasi perusahaan penyedia asuransi mobil all risk. 

Posting Komentar

0 Komentar