3 Platform Online yang Dapat Memudahkan Proses Rekrutmen

Assesment Online

Majunya perkembangan teknologi memudahkan proses rekrutmen masa kini.  Seperti yang kita tahu bersama, proses rekrutmen dalam dunia pekerjaan—terutama pada perusahaan multinasional--biasanya memakan waktu yang lama. Selain karena prosedurnya yang panjang, proses pengolahan data rekrutmen pun cukup banyak menyita waktu. Untuk itulah kehadiran platform online assessment seperti yang dimiliki oleh ASI Asia Pacific dapat mempersingkat dan memudahkan proses-proses tersebut.

Berikut adalah tiga platform rekrutmen yang dimaksud di atas:

VR4HR
VR4HR merupakan teknologi berbasis virtual reality yang diciptakan untuk membantu perusahaan dalam kebutuhan rekrutmen karyawan baru dan pelatihan karyawan lama. Dengan perangkat seperti kacamata, VR4HR bisa digunakan untuk fase interview atau role play dalam proses rekrutmen secara virtual. Selain itu, perangkat ini juga bisa digunakan untuk pelatihan skill atau materi pekerjaan dengan risiko tinggi seperti operasi medis, pekerja lapangan, ataupun penerbang pesawat dengan memanfaatkan objek 3D. 

Smart Platform
Smart platform merupakan sebuah wadah asesmen daring (online) yang memiliki fungsi untuk memudahkanserangkaian porses rekrutmen karyawan baru. Platform asesmen online ini dapat membantu perusahaan dalam melakukan proses rekrutmen mulai dari pencarian profil tenaga kerja, pengelolahan dan penyaringan data rekrumen secara cepat dan masif, hingga mengklasifikasikan preferensi atau kemampuan tenaga kerja agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hal ini tidak hanya menguntungkan pihak perusahaan saja melainkan juga pihak pelamar karena menjadi lebih mudah untuk melakukan rangkaian proses rekrutmen. 

Peepl
Peepl adalah salah satu platform asesmen yang berfungsi untuk membantu perusahaan dalam menemukan calon kandidat terbaik mereka. Minimnya strategi rekrumen tak jarang membuat perusahaan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan tenaga kerja profesional yang tepat. Hal ini dikarenakan kurang efisiennya proses asesmen yang dilakukan. Oleh karena itu, Peepl hadir dengan beberapa fitur yang akan membantu perusahaan untuk menemukan calon kandidat impian. 

Platform Peepl memiliki beberapa fitur asesmen yang menarik, seperti sales indicator, IQ test, integrity test, personality test, juga worker test. Masing-masing fitur didesain khusus untuk mendapatkan laporan asesmen yang mengacu pada indikator tertentu. Misalnya saja melihat kemampuan calon kandidat secara lebih dalam sehingga perusahaan dapat mengetahui preferensi dari masing-masing tenaga kerja yang melamar. 

Ketiga platform asesmen di atas berbasis online, yang mana memudahkan perusahaan untuk menyelesaikan segala proses rekrutmen dan memenuhi kebutuhan divisi HR lainnya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar