Tips Menggosok Gigi Dengan Benar

 

Sikat Gigi

Menggosok gigi dengan rutin tentu saja belum cukup maksimal dalam menjaga kesehatan pada gigi dan juga mulut. Selain rajin untuk menggosok gigi, kita juga harus memperhatikan sikat gigi yang dipakai, cara menggosok dengan benar hingga melakukan beberapa perawatan ekstra.

Walaupun telah menggosok gigi secara rutin yaitu 2 kali dalam sehari, hal tersebut tentu saja tidak cukup sebab tidak dapat membersihkan secara optimal pada sela-sela gigi serta beberapa bagian sudut mulut, terutama jika menggosoknya dengan terburu-buru dan salah menggosok gigi. Maka dari itu perlulah untuk mengetahui cara yang baik dan benar dalam menggosok gigi tersebut.

Jika malas menggosok gigi akan menimbulkan beberapa hal seperti bau mulut, gigi berlubang, penyakit gusi, infeksi paru, hingga penyakit jantung.

Akan tetapi perlu diperhatikan juga mengenai sikat gigi yang digunakan apakah sikat tersebut memakai bulu yang lembut serta mempunyai kepala sikat sesuai dengan mulut dan juga menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride agar dapat membantu dalam mencegah kerusakan hingga beberapa masalah seperti gigi berlubang.

Supaya dapat terhindar dari beberapa masalah pada kesehatan mulut dan gigi, berikut beberapa cara yang perlu diterapkan dalam menggosok gigi:

1. Menggosok geraham

Apabila sikat gigi telah dibasahi serta dioles dengan pasta gigi, langkah pertama yaitu dengan menggosok bagian luar dari gigi geraham di perbatasan antara gigi dan gusi dengan menggunakan gerakan memutar kurang lebih selama 20 detik.

Apabila telah melakukan langkah tadi, kemudian gosok bagian gigi geraham mulai dari atas hingga kebawah yang dimulai pada batas gusi sampai ke ujung gigi agar dapat menghilangkan sisa makanan yang ada di permukaan serta sela-sela gigi dan menghilangkan plak. Lakukan gerakan secara berulang pada seluruh bagian gigi geraham.

2. Menyikat bagian depan gigi

Apabila seluruh gigi geraham tadi telah disikat, maka hal yang perlu dilakukan yaitu mengarahkan sikat pada gigi depan di bagian luar. Kemudian gerakkan sikat dengan perlahan secara melingkar sampai seluruh permukaan dari gigi depan terjangkau, hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan plak dan sisa makanan yang menempel.

Kemudian dilanjutkan dengan menggosok pada bagian dalam gigi secara vertikal yaitu dari atas dan kebawah baik itu dari deretan gigi atas atau juga bawah. Lalu ulangi langkah tersebut hingga 2 atau 3 kali pada seluruh sisi.

3. Menyikat pada bagian permukaan mengunyah

Permukaan mengunyah pada gigi geraham memiliki ukuran agak cekung dan juga lebar, hal tersebut dapat memungkinkan makanan dapat menempel pada bagian tersebut. Lakukan gerakan memutar saat menyikat bagian permukaan gigi agar sisa makanan dapat terangkat.

4. Menyikat pada area lidah serta dalam pipi

Apabila semua gigi tadi telah disikat, jangan lupa menyikat bagian pada permukaan lidah serta sisi dalam pipi menggunakan sikat gigi maupun sikat lidah. Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel dimana dapat menimbulkan bakteri yang menjadi penyebab bau mulut, maka dari itu perlu untuk menyikat bagian tersebut dengan lembut.

5. Membersihkan sela pada gigi menggunakan benang gigi

Supaya perawatan mulut dan juga gigi dapat maksimal selain menggunakan sikat gigi perlu untuk melanjutkan proses pembersihan gigi dengan benang gigi dimana dapat mengangkat sisa-sisa dari makanan yang mungkin saja masih terselip maupun tertinggal pada sela gigi serta tidak dapat dijangkau sikat gigi.


Posting Komentar

0 Komentar