Makanan Penguat Tulang Untuk Menjaga Kesehatan Tulang Belakang

 

Susu

 

Salah satu manfaat menjaga kesehatan tulang belakang adalah bisa untuk menghindari terjadinya kelainan skoliosis. Sebab, jika sudah terdiagnosis mengidap skoliosis maka akan membutuhkan terapi yang tepat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penanganan skoliosis atau terapinya dapat dicek melalui https://scoliosiscare.id/scoliosis/perawatan-skoliosis/.

Mengonsumsi makanan penguat tulang bisa menjadi pilihan untuk merawat tulang belakang agar tetap sehat dan padat secara alami. Berikut makanan yang dapat membantu memperkuat tulang yang mudah untuk didapatkan sehari-hari.

5 Makanan Penguat Tulang

1. Susu

Susu selalu menjadi pilihan pertama untuk membantu merawat tulang agar tetap sehat. Produk ini memiliki kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan. Kalsium bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sedangkan vitamin D membantu menjaga kadar fosfor dalam darah.

2. Sayuran Hijau Gelap

Sayuran hijau gelap juga dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi karena mengandung banyak vitamin dan mineral. Beberapa di antaranya adalah vitamin A, C, K, zat besi, dan kalsium.

Beberapa jenis sayuran hijau yang bisa untuk dikonsumsi adalah brokoli, bayam, sawi, kale, pok choy. Jika bosan, coba buat olahan lain seperti membuat salad sayur yang dicampur dengan olive oil.

3. Telur

Produk telur juga bisa menjadi pilihan sebagai makanan penguat tulang karena mengandung vitamin D yang cukup untuk tubuh. Telur juga mengandung protein sehingga baik untuk menjaga jaringan otot agar tetap sehat.

Satu kuning telur bisa mengandung 37 IU vitamin D yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian hingga 5 persen per hari. Namun hal ini juga tergantung oleh produk telur yang dibeli, umumnya telur omega 3 bisa memiliki kandungan yang lebih tinggi daripada telur biasa.

4. Ikan

Mengonsumsi ikan juga dapat membantu untuk menjaga kesehatan tulang. Jenis ikan yang dapat menjadi pilihan adalah ikan sarden dan ikan salmon karena tinggi akan kalsium serta vitamin D.

Satu kaleng ikan sarden atau setara dengan 92 gram mampu memenuhi kebutuhan vitamin D hingga 35 persen. Sedangkan 100 gram ikan salmon dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin D orang dewasa hingga 200 persen. 

5. Keju

Makanan penguat tulang yang terakhir adalah produk olahan dari susu atau keju. Keju mengandung banyak kalsium yang mampu menjaga kesehatan tulang. Salah satu jenis keju yang bisa menjadi pilihan adalah keju parmesan yang mengandung 331 mg kalsium per 28 gram.

Konsumsi Makanan Penguat Tulang Setiap Hari

Ada beberapa jenis makanan penguat tulang seperti susu, sayur, telur, ikan, dan keju yang bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut, kesehatan tulang akan terjaga dan padat secara alami. Selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar