Penyebab Lampu Indikator Menyala yang Harus Diketahui

Lampu Indikator Menyala

Salah satu teknologi yang cukup banyak diterapkan pada mobil model baru adalah adanya lampu indikator check engine yang terdapat pada dashboard. Lampu ini merupakan pemberi peringatan terkait kondisi mesin. Apabila lampu indikator menyala, maka artinya ada sesuatu yang terjadi pada mesin. 

Meskipun umumnya lampu indikator tersebut menunjukkan masalah pada mesin, namun bisa jadi penyebab lampu indikator tersebut menyala adalah hal lainnya, seperti kebocoran pada radiator, soket yang kendur dan lainnya. Namun, perlu diingat bahwa ketika adanya peringatan pada lampu indikator, Anda harus segera melakukan pengecekan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa penyebab kenapa lampu indikator check engine tersebut bisa menyala. Beberapa penyebab tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1) Filter udara yang kotor

Salah satu penyebab kenapa lampu indikator check engine menyala adalah karena filter udara yang kotor. Dalam hal ini, filter udara memiliki kaitan erat dengan mass airflow sensor di mana berfungsi untuk menentukan jumlah bahan bakar yang harus digunakan.

Dalam hal ini, apabila filter sudah terlalu kotor, maka suplai udara nantinya akan terhambat. Hal inilah yang akan menyebabkan mass airflow sensor rusak dan lampu indikator check engine akan menyala.

2) Masalah pada sensor oksigen

Kerusakan pada sensor oksigen juga menjadi salah satu penyebab kenapa lampu indikator check engine tersebut menyala. Komponen yang satu ini memiliki fungsi khusus untuk melakukan monitoring pada oksigen di knalpot.

Saat sensor ini rusak, maka kinerja mesin akan cenderung terhambat. Nah, performa mesin yang bermasalah ini nantinya akan memberikan sinyal dengan tanda lampu indikator check engine yang menyala.

3) Kerusakan pada catalytic converter

Hal lain yang juga menjadi sebab kenapa lampu indikator check engine adalah kerusakan yang terjadi pada catalytic converter. Kerusakan komponen ini akan menyebabkan bahan bakar yang lebih cepat habis dan tenaga mobil pun akan berkurang sangat drastis.

Beberapa hal di atas adalah penyebab kenapa lampu indikator menyala pada mobil Anda. Untuk penanganan yang tepat, segera lakukan pemeriksaan agar kerusakan yang terjadi tidak semakin parah.


Posting Komentar

0 Komentar